Selasa, 07 Juni 2016

Tips dan Resep Cara Membuat Bobor Sayur Bayam yang bergizi tinggi

Tips dan Resep Cara Membuat Bobor Sayur Bayam yang bergizi tinggi - Makanan menyehatkan memang selalu diidam-idamkan di keluarga kita, karena saya pribadi berpendapat dan berkeyakinan bahwa hidup sehat adalah harga mati.

Dari pendapat saya tersebut maka setiap hari sudah menjadi kewajiban kita sebagai ibu rumah tangga untuk menyiapkan makanan yang menyehatkan, karena kita tidak tega jika ada salah satu dari keluarga kita sakit, rasanya badan ini ikutan sakit juga kan? : )

Resep Masakan Bobor Sayur Bayam

Salah satunya untuk menjaga agar kesehatan dikeluarga kita terjaga adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik dan menyehatkan, karena ini adalah modal utama dari cara hidup sehat.

Hari ini saya ingin membuatkan masakan yang menyehatkan buat keluarga Anda tentunya yaitu masakan sayur bayam.

Kalau Umi ingat sewaktu kita kecil ada kartun namanya Popeye, dia bisa menjadi kuat karena makan makanan bayam, dan mampu merebut Olif dan bisa menghadapi gangguan Bruto.

Dari cerita tersebut orang tua saya bilang bahwa manfaat sayur bayam dapat membuat tubuh kita kuat, sehat dan dapat melakukan apa saja, apakah itu betul?, pastilah betul tentunya karena nenek saya dulu sering mengonsumsi bayam dan lebih terlihat sehat walaupun usianya yang sudah sangat sepuh (tua).

Baiklah agar Umi tidak penasaran dengan masakan olahan sayur bayam berikut Resep Masakan Cara Membuat Bobor Sayur Bayam, selamat mencoba.

Bahan bobor sayur bayam
  • 6 ikat bayam segar
  • 4 gelas santan
  • 200 gr daging
  • 1 sdm gula atau secukupnya
  • 1 iris lengkuas
  • 2 lembar daun salam yang masih hijau
Bumbu bobor sayur bayam yang dihaluskan
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 butir bawang merah
  • 1 iris lengkuas
  • 2 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • kencur (sedikit)

Cara membuat bobor sayur bayam
  1. daging dicincang-cincang sesuai selera.
  2. ambil bayam nya dan petik dari tangkainya, kemudian cuci hingga bersih dan pastikan tidak ada cacingnya.
  3. Santan dimasak dengan daging cincang serta bumbu-bumbu yang dihaluskan tadi.
  4. masukkan daun salam dan laos kemudian kita aduk pelan-pelan hingga rata, dan jangan sampai santannya menjadi pecah.
  5. setelah airnya mendidih kemudian bayam kita masukkan dan beri bumbu penyedap.
  6. tunggu hingga masak.
  7. siap disajikan.
Bagaimana Umi simpel dan mudah bukan resep masakan sayur bayam kali ini dan masakan ini cocok sekali jika kita menghidangkannya saat sarapan, karena untuk memulai hari yang hebat dibutuhkan energi yang hebat, salah satunya ya dari makanan yang sehat tentunya.

Oh ya Umi, kalau mau mengonsumsi bayam jangan lebih dari 12 jam ya dan sayur bayam tidak boleh dipanaskan, karena sayur bayam tersebut akan beracun, ini disebutkan dalam sebuah artikel yang menjelaskan bahwa sayuran ini mengandung nitrat yang tinggi sehingga dengan nitrat yang tinggi akan berubah menjadi zat asam nitrat, yaitu sejenis korosit yang tidak beryawa.

Asam nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamine, yaitu zat yang dapat menimbulkan penyakit kanker. wuihh serem bukan, jadi tips saya adalah kalau mau makan bayam, silahkan makan langsung habis, dan jangan sekali-kali di panaskan, karena ini beda dengan sayuran lainnya. oke Umi.

Saya punya tips untuk membuat bayam kita menjadi bergizi, berikut tips nya:
  1. Cuci hingga bersih bayamnya, dengan menggunakan air yang bersih, ini digunakan untuk menghindari adanya bahan-bahan kimia, atau bekas kotoran hewan seperti cacing atau kotoran-kotoran lainnya.
  2. Jangan masak bayam terlalu banyak, sangat disarankan bahwa makan bayam harus sekali konsumsi, dan jangan sekali-kali dipanaskan.
  3. Hindarkan saat memasak bayam dengan bahan yang mengandung besi, lebih baik disarankan dengan bahan yang mengandung stailess, ini dimaksudkan agar dapat memperkecil reaksi bahan kimia yang berbahaya saat proses memasak.
  4. Dan yang terakhir, selalu baca Basmalah dulu ketika menyantap makanan ya, biar afdol : ).
Demikian Tips dan Resep Masakan Cara Membuat Bobor Sayur Bayam yang bergizi tinggi semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan informasi tentang arti sebuah masakan menyehatkan, terimakasih.
Source image: http://kitabmasakan.com/wp-content/uploads/2011/05/bobor-bayam.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar