Jumat, 03 Juni 2016

Resep Masakan Cara Membuat Ikan Cumi-Cumi Gulai Masin

Resep Masakan Cara Membuat Ikan Cumi Gulai Masin -  Selamat datang Umi diresep umiku ini, dan terimakasih telah meluangkan waktunya buat mengunjungi blog saya ini.

Oh ya umi, bagaimana kabarnya pasti baik-baik saja kan, dan masih semangat buat memasakan tentunya.

Kali ini saya masih membahas mengenai makanan sea food yang kemaren kita telah membahas mengenai Masakan Kerang Merah, dan berhubung masih banyak sekali makanan sea food yang tak kalah enaknya dari masakan kemaren, hari ini saya ingin membahas mengenai masakan ikan cumi-cumi.

Siapa yang tidak tahu cumi-cumi?, pastinya semua tahu bukan, ikan ini hidup di laut, dan ikan ini memiliki tangan yang banyak.

Resep Masakan Ikan Cumi Gulai Masin

Ikan ini semakin popular di negeri Jepang, karena disana masakan ini tergolong masakan yang memiliki nutrisi dan protein yang banyak, sehingga harga di negera Jepang sangat mahal, dan biasanya ada di restoran-restoran terkenal.

Kalau di Indonesia ikan cumi-cumi ini sangat melimpah dan banyak pula di ekspor ke sana, dan kalau rasanya tidak kalah dengan yang ada di restoran Jepang, karena koki di Indonesia sudah sangat ahli dalam mengolahnya.

Baiklah agar tidak begitu lama berbicara, saya ingin membahasnya lebih lanjut lagi tentang resep masakan cumi-cumi, berikut Resep Cara Membuat Masakan Ikan Cumi Gulai Masin, selamat mencoba.

Bahan / Bumbu Ikan Cumi Gulai Masin
  • 500 gr ikan cumi-cumi ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 tangki serai
  • 1 ruas jari temu kunyit
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah bawang merah
  • 10 tangkai daun ruku-ruku
  • 1 ruas jari telunjut temu jahe
  • gula, garam dan asam kandis secukupnya
Resep Masakan Cara Membuat Ikan Cumi Gulai Masin

Cara Membuat Masakan Cumi-Cumi Gulai Masin yang Enak dan Lezat
  1. Pertama - tama kita olah cumi-cuminya yaitu dengan kita bersihkan terlebih dahulu, pastikan tinta hitamnya dibuang
  2. setelah yakin tinta hitamnya bersih, lalu kepalanya kita masukkan lagi ke dalam badannya karena akan kita olah selanjutnya, kemudian ikat dengan daun serai dengan rapi dan terhindar dari sinar matahari
  3. buatlah santan empat gelas ukuran sedang lalu bawang merah goreng secukupnya saja
  4. untuk bumbunya kita haluskan terlebih dahulu seperti bawang merah, cabai merah, jahe, bawang putih, lengkuas dan kunyit, lalu tumis semua bumbu tadi sampai baunya terasa harum
  5. masukkan santan yang telah dibuat tadi, daun ruku-ruku,   garam, asam kandis,  serai, gula dan sedikit bumbu penyedap secukupnya
  6. siapkan kompornya dengan api sedang lalu masukkan ikan cumi-cuminya
  7. masak sampai matang dan santannya sedikit agak kering.
  8. setelah dirasa matang hidangkan, oh ya masakan ini cocok sekali kita campurkan atau kita tambahkan dengan bawang goreng, agar rasanya menjadi nikmat

Bagaimana Umi, kalau Umi mengikuti cara-cara yang sudah kita bahas kali ini pasti rasanya sama dengan yang ada di Jepang.

Demikian Resep Masakan Cara Membuat Ikan Cumi Gulai Masin semoga dapat menambah wawasan kita semua akan kuliner sea food, terus kunjungi resepumiku.com ya, terimakasih.
Source image: http://images.polar.co.id/uploads/2013/10/Resep-Masakan-Padang-Gulai-Cumi.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar