Rabu, 10 Juni 2015

Resep Menu Masakan Cara Membuat Rendang Kerang

Resep Menu Masakan Cara Membuat Rendang Kerang - Umi lagi apa sekarang?, pasti lagi binggung pengen masak apa?, Oh ya Umi,  kan akhir-akhir ini banyak sekali makanan yang kurang menyehatkan, apalagi dari masakan laut, kita sebagai Ibu rumah tangga harus bisa memfilter masakan yang sehat bukan?

Karena kita tidak maukan kalau salah satu keluarga kita mengalami sakit, pasti tidak enak. Umi tersayang saya punya salah satu resep masakan yang sehat sekali walaupun bahannya berasal dari laut, penasaran ingin tahu, baiklah masakannya adalah masakan rendang kerang.

Sebelum kita langsung membuatnya tahukah Umi dengan masakan rendang?, rendang biasanya diolah dengan olahan daging, tetapi bagaimana jika kerang dijadikan pengganti daging dan diolah menjadi masakan rendang? Wah pasti lezat.

Baik deh saya bagikan resepnya ya, berikut  Resep Menu Masakan Cara Membuat Rendang Kerang, selamat mencoba.

Resep Rendang Kerang

Terlebih dahulu, kita harus menyiapkan segala bahan-bahan rendang kerang nya, bahanya tidak sulit kog, dan banyak sekali berada di pasar, oke deh berikut bahanya ya.

Bahan :
500 gr Kerang
6 bh Bawang Merah
3 bh Bawang Putih
1 cm Kunir
3 bh Cabe Merah
2 lmbr Daun Salam
2 lmbr Daun Jeruk Purut
1 bh Sere (Memarkan)
Garam (Sesuai selera)
Gula (Sesuai selera)
Penyedap (Sesuai selera)
100 ml Air Santan

Setelah kita rasa bahan / bumbu rendang kerang terkumpul dan tidak ada yang terlewatkan, maka selanjutnya adalah cara membuatnya, oh ya Umi, jangan sampai ada yang kelewatan, karena akan berakibat rasanya tidak begitu enak, silahkan diikuti langkah berikut ya.

Cara membuat rendang kerang :
1. Cuci bersih kerang lalu rebus supaya bau amis hilang, tiriskan.
2. Haluskan bumbu Bawang merah, bawang putih, kunir, cabe merah.
3. Tumis sampai harum bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan daun sere, daun salam dan daun jeruk
    purut.
4. Masukkan kerang dan santan. Tambahakan garam, gula dan penyedap sesuai selera.
5. Masak sampai kerangnya matang.
6. Siap disajikan.

Bagaimana Umi, mudah bukan?, untuk membuat makanan yang sehat tidak harus dengan yang ribet kan?, masakan ini sangat cocok sekali kita campur dengan Mendol Khas Malang, karena aromanya sangat cocok.

Demikian Resep Menu Masakan Cara Membuat Rendang Kerang, Silahkan kunjungi resep saya yang lainnya ya seperti Ayam Bungkus Telor atau Ayam Rica-Rica.  Terimakasih.

(Sajian : 2 Porsi)

Sumber Gambar : http://norzailina.blogspot.com/2013/08/rendang-kerang-ala-padang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar