Senin, 15 Juni 2015

Resep Makanan Cara Membuat Belut Asam Manis

Resep Makanan Belut Asam Manis - Sebagai salah satu makanan khas tradisional dan mungkin cukup ektream, olahan daging ikan belut memang tidak ada matinya.

Bayangkan saja Umi, olahan daging belut tidak semua orang menyukainya mungkin bisa jadi orang tersebut merasa jijik melihat belut ataupun geli melihatnya, dan dapat dipastikan sih, kalau orang-orang yang suka daging ikan belut adalah orang-orang yang menyukai tantangan.

Sempat memang sulit mendapatkan daging ikan belut ini, karena daging belut yang berasal dari habitat aslinya memiliki daging yang lezat, beda dengan daging ikan belut hasil dari peternak, saya tidak tahu mengapa ini bisa terjadi, mungkin memang kalau dari hasil peternak makanan yang diberikan berbeda dengan habitat aslinya.

Kandungan gizi dari daging ikan belut juga banyak sekali manfaatnya, jika saya ulas, ada beberapa zat yang bergizi jika kita mengonsumsinya, seperti kalori (303), protein (14 g), lemak (27 g), kalsium (20 g), vitamin A1 dan masih banyak sekali kandungan yang bergizi untuk daging ikan belut ini.

Baik deh Umi, agar daging yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat ini menjadi olahan masakan yang lezat, saya punya resepnya, penasaran ingin mencobanya, berikut  Resep Makanan Belut Asam Manis, selamat mencoba.

Resep Makanan Belut Asam Manis
  
Bahan belut asam manis :
daun pisang yang lebar untuk membungkus daging belutnya.
5 ekor ikan belut
8 buah blimbing wuluh, potong agak tebal (atau kalau ukuran blimbingnya besar bisa 5 buah)

Bumbu belut asam manis yang dihaluskan :
garam, gula pasir dan bumbu penyedap secukupnya
5 buah bawang merah
1 buah cabai merah (jika suka masakan pedas bisa ditambahkan jumlah cabainya)
1 buah cabai rawit (jika suka masakan pedas bisa ditambahkan jumlah cabainya)
2 siung bawang putih atau secukupnya
lengkuas
kecap
2 butir kemiri
1/2 jari temu kunyit
telur

Masih membahas mengenai Resep Makanan Belut Asam Manis, selanjutnya adalah cara membuatnya, ini adalah langkah terakhir kita, baiklah selamat mencoba ya. 
Cara memasak belut asam manis :
- Jika belutnya masih hidup, kita matikan dulu belutnya, atau kita sembelih dulu belutnya
- Lalu kita bersihkan belutnya, buang bagian perutnya yang mengandung kotoran belut, lalu jika tidak suka ekor dan kepalanya bisa ikut dibuang, lalu belah bagian perutnya, kita pipihkan dagingnya dengan cara kita pukul pelan-pelan sampai semua dagingnya pipih.
- Potong menurut selera, kalau saya tidak saya potong dan saya biarkan seperti utuhnya karena selera orang berbeda-beda.
- Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama irisan blimbing wuluh yang sudah dipotong-potong.
- Siapkan daun pisangnya, lalu kita bungkus dan lalu kita kukus sampai matang
- Setelah kukusannya matang kita panggang sampai daunnya bewarna coklat atau hampir kering.
- Sajikan.

BACA JUGA RESEP MASAKAN LAINNYA :
Resep Ikan Acar Kuning
Resep Sambel Goreng Kentang dan Wortel
Resep Asinan Jakarta
Resep Ayam Bungkus Telor
Resep Sambal Goreng Merah

Demikian Resep Makanan Belut Asam Manis kali ini, silahkan jika Umi senang dengan artikel ini atau ingin memberikan saran, saya akan senang sekali, caranya bisa Umi memberikan komentar di kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Akhirnya terimakasih atas kunjungan dan waktunya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan yang lebih penting adalah tetap menjaga makanan sehari-hari dengan yang sehat-sehat. Sampai bertemu di resep masakan lainnya ya.

Source Image : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy_zQeBQu5Pm3T1lD9zzPQ-cSfsE-EbccmOcGl9t7Rz1OKcljuX9NPYsr7DdEB_neJSLk02DnkIrU-kyo31oB38CTwFJGKLLr9QMrL0p-CCkidvVOC6GlKVj-TPC-SKulIafEsM_f1_AWf/s1600/index.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar