Senin, 20 April 2015

Resep Cara Membuat Sambal Goreng Merah

Resep Cara Membuat Sambal Goreng Merah Hai Umi dirumah, masih bersemangat memasak kan, enaknya hari ini apa ya yang cocok buat hidangan dirumah.

Kalau masakan ayam opor pasti sudah biasa, kalau Masakan Rendang Kerang juga sudah biasa. Hmm apa ya kalau sudah begini?.

Bagaimana kalau hari ini kita jangan masak dulu, tetapi kita coba membuat sambal yang sangat jarang sekali kita temui, yaitu sambal goreng merah, bagaimana Umi dirumah, penasaran?.

Baiklah kalau begitu coba kita buat sama-sama ya, berikut Resep Sambal Goreng Merah. Selamat mencoba. Mula-mula kita siapkan dulu bahan-bahan untuk sambal goreng merah nya ya.

Resep Sambal Goreng Merah


Bahan-bahan / bumbu yang saya gunakan untuk membuat sambal goreng merah ini terbuat dari bahan-bahan tradisional atau alami, jadi Umi jangan khawatir ya, saya jamin aman kog, dan bebas dari bahan pengawet tentunya, : ).

Bahan sambal goreng:
  • 200 gr tomat merah (dibelah menjadi beberapa bagian)
  • 300 gr daging (agak berlemak)
  • 500 cc santan cair
  • 2 lembar daun salam
  • 250 cc santal kental
  • 1/2 jari lengkuas
Dari Resep Sambal Goreng Merah kita ini, setelah bahannya sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah kita proses dulu bumbu sambal goreng merah nya, kita terlebih dahulu harus menghaluskannya, cara mengolah bumbunya adalah sebagai berikut.

Bumbu yang dihaluskan:
  • 10 butir bawang merah
  • gula jawa (secukupnya)
  • 5 cabai merah
  • garam (secukupnya)
  • 5 siung bawang putih
Setelah bumbu sudah dihaluskan maka langkah selanjutnya adalah cara membuat sambal goreng merah nya, caranya mudah sekali kog Umi, silahkan diikuti cara berikut ya.

Cara membuat sambal goreng merah yang pedas dan enak:
  1. Daging dibersihkan dari urat-uratnya kemudian potong-potong ukuran sedang.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan daun salam dan lengkuas sampai baunya harum masukkan daging aduk rata.
  3. Santan cair dimasukkan dan masak sampai dagingnya lunak.
  4. Masukkan santan kental dan kecilkan api sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  5. Masukkkan irisan tomat masaka terus sampai tomatnya lay dan santannya agak susut / berminyak kemudian angkat dan  siap dihidangkan.
  6. Lebih baikknya bisa ditambahkan sedikit penyedap.
  7. Siap disiapkan.
Bagaimana Resep Cara Membuat Sambal Goreng Merah hari ini, menarik bukan? sambal ini cocok kita sajikan dengan soto ayam, ataupun soto daging sapi.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan untuk Umi dirumah, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua dan mampu memberikan wawasan lebih akan kayanya masakan nusantara, sampai ketemu lagi di artikel lainnya ya, terimakasih.
Souces Image : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOJ-wpXqLCJsaukuMizwPxOEXVJ7ewwSv9-gUnPXKLSyG05_Dqd16A23jBiVbE06dfrtV5bHZuRSqOvtcJIlIYSMHYdfDDQLYuaBdRnRjbbcDFuwCmfN_LBwp-91Kev38IXgFqt7ioosk/s1600/cara+membuat+sambal.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar