Senin, 06 Juli 2015

Menu Ramadan Resep Masakan Cara Membuat Besengek Telur Ayam

Menu Ramadan Resep Masakan Cara Membuat Besengek Telur Ayam - Olahan masakan telur ayam memang tidak ada habisnya, karena telur ayam ini merupakan bahan yang simpel dengan kandungan gizi yang tinggi, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Masakan kuno ini hingga sekarang jarang kita temui di warung-warung, sampai ada sebagian orang yang belum pernah mencicipinya atau baru pernah mendengar namanya.

Sempat kemeran saya berbicara dengan teman saya, dan saya bilang "hah masakan besengek telur", lalu teman saya bertanya "masakan apa itu?", hmmm dari sini saya menyimpulkan bahwa memang masakan besengek telur ayam ini hampir punah, hehehehe.

Menu Ramadan Resep Masakan Besengek Telur Ayam

Daripada masakan kuno ini hilang, mending kita lestarikan bersama-sama yuk, agar bisa menambahkan kekayaan kuliner nusantara, betul tidak Umi.

Baiklah mumpung saya punya resep masakannya, saya bagikan ke Umi ya, berikut Menu Ramadan Resep Masakan Besengek Telur Ayam, selamat mencoba.

Bahan masakan besengek telur ayam
  • 10 butir telur ayam (bisa disesuaikan menurut selera)
  • 1 tahu
  • 3 cabe merah
  • 1 sdt bubuk ketumbar
  • 1 pt terasi 
  • 1 ruas kunyit
  • 1 cangkir santan
  • minyak goreng
  • 1 sdt gula atau bisa disesuaikan menurut selera
  • garam secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 bawang merah


Cara membuat masakan besengek telur ayam
  1. cuci telur ayam dan tahunya hingga bersih kemudian direbus hingga matang
  2. setelah itu telur dikupas sampai semua kulitnya hilang
  3. kupas lombok sampai bijinya tidak ada
  4. bumbu digerus hingga lunak, kemudian tumis sampai baunya harum
  5. panaskan minyak goreng
  6. masukkan santan, tahu dan telurnya menjadi satu ke dalam kuali atau panci
  7. aduk-aduk hingga kuahnya kental
  8. siap dihidangkan
Bagaimana Umi, mudah dan simpel kan, jika masakan ini kita masak, rasanya itu kita kayak kembali ke jaman tempo dulu, karena seperti yang saya bilang tadi masakan ini adalah masakan kuno, dan seperti inilah kakek nenek kita dalam mengolah masakan telur ayam.

Demikian ya Menu Ramadan Resep Masakan Cara Membuat Besengek Telur Ayam kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang kuliner nusantara, terus kunjungi resepumiku.com ya, karena banyak sekali resep masakan yang menarik buat Anda dirumah. Terimakasih.
    source image : image

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar